Senin, 04 Maret 2013

Tugas 1 Mata Kuliah Psychology Service


1. Resume Materi

A. Psychology adalah ilmu yang mempelajari perilaku. Contoh : manusia mempunyai banyak perilaku dan sifat yang berbeda -beda di setiap individunya masing masing, dan Psychology bertugas untuk mempelajari perilaku manusia tersebut.

B. Psychology mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
    1. Perilaku itu sendiri kasat mata, tetapi penyebabnya mungkin tidak dapat di amati langsung.
    2. Perilaku mengenal berbagai tingkatan, seperti perilaku sederhana dan perilaku kompleks.
    3. Perilaku bervariasi menurut jenis - jenis tertentu yang bisa di klasifikasikan :
        - kognitif
        - afektif
        - psikomotorik
    4. Perilaku bisa di sadari dan tak di sadari.

C. Keuntungan mempelajari Psychology :
    1. Agar dapat memahami diri sendiri.
    2. Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.
    3. Dapat membantu memecahkan masalah sosial pribadi.
    4. Dapat mambantu memberikan keputusan tepat dan mengantisipasi masalah yang akan datang.

D. Peranan psychology dalam usaha perhotelan
     1. Untuk membantu penempatan pegawai agar sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya yang pada akhirnya ada kepuasan untuk individu itu sendiri.
     2. Untuk membantu pengembangan diri setelah individu menerima dan mengerti kelemahan dan kelebihan diri sendiri.
     3. Membantu setiap karyawan perhotelan untuk memiliki " sifat menerima " kepada semua pelanggan atau orang yang di layaninya.
     4. Membantu perilaku " new-adaptive " individu dalam lingkungan kerja yang di masukinya.
     5. Membantu individu untuk memotivasi dirinya sendiri yang berkaitan  dengan masalah - masalah profesinya.
     6. Membantu karyawan perhotelan untuk mampu menilai dan mengendalikan diri.

2. Psikologi pelayanan di dunia industri perhotelan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam prose interaksi kerja di industri jasa pelayanan, yaitu antara pelanggan/ tamu/ nasabah/ pasien/ dan para petugas/ pegawai/ karyawan.

3. Psikologi Pelayanan sangat penting antara supervisor dan para staff untuk menjaga hubungan kerja yang baik.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar